gambar headline

gambar headline
background

Sabtu, 21 Desember 2013

PHBS 2013 SDN 02 NANGA JETAK KEC.DEDAI SINTANG

Nanga Jetak 19 Desember 2013, Petugas Kesehatan Kabupaten Sintang melalui sub unit Poskesdes Nanga Jetak memberikan penyuluhan ke SDN 02 Desa Nanga Jetak Kec.Dedai Kab.Sintang tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di sekolah. Perilaku merupakan suatu tingkah, tindakan serta perbuatan seseorang yang berkembang sehari-hari sehingga nantinya bisa menjadi suatu perbuatan yang biasa tentu saja banyak yang dapat mempengaruhinya terutama lingkungan serta adat istiadat, sebagai contoh perilaku kebersihan personal.
Kebiasaan kebersihan diri (personal) haruslah di didik sedini mungkin agar mereka dapat membedakan mana yang bersih dan mana yang tidak, hal yang gampang dilakukan kadang menjadi sangat sulit dilakukan misalnya saja mencuci tangan, dikarenakan adanya pengaruh lingkungan serta adat istiadat yang ada hal yang mudah tersebut memang menjadi sukar untuk dilakukan.
PHBS sebagai dasar Kesehatan seseorang haruslah ditanamkan sedini mungkin agar kebiasaan seperti itu menjadi suatu kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari berbagai macam jenis penyakit yang selalu mengintai. Dalam pemberian penyuluhan tentang PHBS ini dihadiri 214 siswa dengan pemberian materi melalui presentasi serta praktek langsung agar para murid mengerti dan mau melakukan PHBS baik di sekolah maupun di lingkungan rumahnya sendiri. Hal seperti ini sangat penting ditanamkan pada anak didik, sayangnya pendidikan Kesehatan di sekolah tidak ada dalam program tahunan pelajaran sehingga pihak sekolah menunggu pihak Dinas Kesehatan yang datang dan memberikan pemantauan Kesehatan di setiap Institusi Pendidikan, padahal Pendidikan Kesehatan sangatlah penting ditanamkan sedini mungkin agar tercipta manusia yang sehat dan kuat serta dapat diandalkan bagi masyarakat, Bangsa, dan Negara sebagaimana tercatut dalam UUD 1945.z@red.




  

Tidak ada komentar: